Jangan Khawatir ! Rezeki Tidak Akan Tertukar, Sudah Diatur

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Jangan Khawatir ! Rezeki Tidak Akan Tertukar, Sudah Diatur

PATROLISULSEL.com
Selasa, Juni 18, 2024

PATROLI SULSEL ■ Setiap orang memiliki rezeki yang berbeda-beda dan sudah seharusnya kita selalu bersyukur atas apa yang dimiliki. Tidak perlu iri dengan rezeki yang dimiliki orang lain karena rezeki tidak akan tertukar jadi apa yang kita miliki saat ini adalah yang terbaik.

Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya mengapa orang lain bisa mendapatkan rezeki yang melimpah, sedangkan orang lain mengalami kesulitan. Semua yang sudah digariskan oleh Allah SWT pasti memiliki hikmah yang bisa diambil jadi tidak perlu khawatir.

Apakah Rezeki Tidak Akan Tertukar?

Kadar rezeki setiap orang berbeda-beda dan Allah SWT sudah menetapkannya setelah ruh ditiupkan. Meski rezeki sudah ditetapkan, tapi Allah juga melihat bagaimana kerja keras atau usaha yang kita lakukan sehingga bisa memperlancar jalannya mendapatkan rezeki.

Terkadang, hasil baik tidak selalu kita dapatkan secara langsung meskipun sudah bekerja keras. Berbeda dengan beberapa orang yang mungkin bisa memperoleh rezeki melimpah lebih mudah dan cepat. Tapi percayalah bahwa rezeki setiap orang tidak akan tertukar.

Rezeki akan datang kepada mereka yang memang berhak menerimanya. Bagaimana pun usaha yang dilakukan jika memang rezeki tersebut ditakdirkan untuk seseorang, maka orang itu akan mendapatkan rezekinya dari mana saja dan kapan saja.

Jadi tidak perlu khawatir dan iri dengan rezeki yang dimiliki orang lain karena sesungguhnya Allah SWT yang paling tahu, apa yang dibutuhkan oleh hamba-Nya.


Rezeki adalah segala pemberian Allah SWT yang bermanfaat jadi bukan hanya berupa harta dan benda, melainkan kesehatan, kebahagiaan, kenyamanan, teman yang setia, keluarga yang harmonis, suami atau istri yang pengertian, hingga anak yang sholeh dan sholehah.

Sebagian orang pasti menginginkan rezeki yang berkecukupan sehingga bisa memenuhi kebutuhan tanpa kekurangan. Namun, tidak semua orang ditakdirkan mendapatkan kadar rezeki yang cukup karena semua itu telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Berikut ini ada ayat ketiga dari Surah At-Talaq yang menjelaskan tentang rezeki tidak akan tertukar beserta artinya:

Artinya:

dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Setelah membaca ayat di atas, pasti akan lebih memahami tentang pentingnya mensyukuri nikmat atau rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT. Terkadang, apa yang kita anggap sebagai kebutuhan bukanlah kebutuhan yang sesungguhnya.

Rezeki Sudah Allah Jamin, Kenapa Harus Bekerja?

Allah SWT memang sudah menetapkan kadar rezeki yang berbeda-beda untuk setiap orang di muka bumi ini. Sebagian orang mendapatkan nikmat rezeki yang melimpah, namun ada juga sebagian yang harus lebih bersabar dan bersyukur atas apa yang dimilikinya saat ini.

Meski rezeki sudah Allah jamin, bukan berarti manusia bisa bermalas-malasan atau pasrah begitu saja. Allah SWT mungkin telah menetapkan rezeki melimpah untuk seseorang, tapi bagaimana rezeki itu bisa datang jika orang tersebut tidak menjemputnya.

Allah SWT memiliki cara tersendiri dalam memberikan rezeki kepada hamba-Nya, bisa melalui pekerjaan, hadiah, kebaikan orang lain, hasil berdagang dan lainnya. Oleh karena itu, kita wajib berusaha dan bekerja untuk menjemput rezeki yang sudah ditetapkan Allah SWT.


Percuma rezeki banyak tapi tidak mengandung keberkahan di dalamnya karena dengan berkah inilah kita bisa mendapatkan ridho Allah SWT. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rezeki yang berkah adalah mendasari bekerja dengan ibadah serta melaksanakan amalan penarik rezeki.

Lakukan pekerjaan yang halal, baik, dan tidak merugikan orang lain sehingga rezeki yang didapatkan lebih berkah. Apalagi jika manusia mendasari kegiatan bekerja tersebut dengan ibadah, misalnya berdagang dengan jujur, mengawali dengan doa, dan selalu bersyukur.

Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar dilancarkan segala urusan pekerjaan dan rezeki yang didapatkan membawa berkah dalam kehidupan. Sungguh, akan merasakan kenikmatan yang luar biasa jika bisa mendapatkan rezeki yang penuh dengan berkah dari Allah.

Tarik Rezeki dengan Perbanyak Sedekah

Ungkapan rezeki tidak akan tertukar memang benar adanya. Tapi, bukan berarti seseorang bisa bermalas-malasan dan tinggal menunggu rezeki datang begitu saja. Perlu adanya usaha dan doa untuk menjemput rezeki yang berkah.

Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak rezeki berkah dan Allah SWT adalah dengan memperbanyak sedekah. Rezeki yang kita miliki tidak sepenuhnya milik kita, melainkan milik orang lain yang berkah, seperti yatim piatu, fakir miskin, dan lain sebagainya.

Sudah seharusnya kita saling berbagi dengan cara menyisihkan sebagian harta untuk orang yang membutuhkan. Sedekah tidak harus mengacu pada jumlah nominal saja, melainkan seberapa seseorang ikhlas dan istiqomah dalam melakukan sedekah.

Sekarang, tidak perlu bingung lagi untuk menyalurkan sedekah karena sudah ada lembaga Yayasan Yatim Mandiri yang siap membantu. Rezeki tidak akan tertukar meskipun memberikan sedekah secara rutin melalui lembaga yang sudah berdiri sejak 28 tahun lalu ini.(*)