Prajurit Lintas Udara 432 Berhasil Membuat Inovasi Pembagkit Listrik Tenaga Air di Distrik
-->

Header Menu

Prajurit Lintas Udara 432 Berhasil Membuat Inovasi Pembagkit Listrik Tenaga Air di Distrik

PATROLISULSEL.com
Rabu, Juli 03, 2024

PATROLI
SULSEL | Prajurit Lintas Udara 432 / WSJ berhasil membuat Inovasi Pembagkit Listrik Tenaga Air di Distrik Mapenduma,Kabupaten Nduga,Papua Pegunungan,(01/07/2024).


Ide kali ini tercetus dari Prajurit terbaik Yonif 432/WSJ,Letda Cke Dimas Aji Satria,dan Praka Etla S Bancin, yang dimana masing masing memiliki kemampuan sebagai ahli Elektro dan juga Pertukangan.



Praka Etla S Bancin mengungkapkan,”kami di dalam membuat proyek inovasi tersebut menggunakan beberapa bahan dan perangkat sederhana seperti kayu,paku,pipa paralon sebagai konstruksi kincir air tersebut”ungkapnya


Letda Cke dimas Aji Satria menegaskan”untuk perangkat kelistrikan kami menambahkan beberapa perangkat yang mudah di dapatkan di pasar berupa,Generator BLDC,Acu,Inverter,kabel,MPTT yang kami kombinasikan dengan konstruksi yg di buat Oleh Praka Bancin sehingga tercipta lah PLTA ini”,tegasnya.


Dengan Inovasi dari prajurit yg membuat PLTA ini, pos semakin mendapatkan daya listrik untuk menghidupi kehidupan sehari hari yang dimana dahulu hanya mengandalkan solar sell yang terkadang memiliki kendala dengan kontur Medan dan cuaca di Mapenduma yg selalu berkabut sehingga daya tidak maksimal, sekarang Listrik dapat menyala 24 Jam.


Harapannya inovasi dan keberhasilan ini dapat berguna buat banyak orang dan berkelanjutan ataupun dapat di tiru oleh prajurit lain sehingga pada akhirnya PLTA ini dapat berguna untuk masyarakat Banyak.(red)